Posted by : Unknown
Senin, 02 Mei 2016
Halo Readers
Kali ini saya akan
membahas mengenai Performance management
Para reader di sini
udah pada tahu belum apa tiu performance managament ? Nah kalau belum tahu saya
akan menjelaskan apa itu performace managament dan tujuan atau kegunaan
performance management.
Secara
definisi, Performance Management adalah suatu
pendekatan sistematik untuk meningkatkan kinerja individu atau tim dalam
mencapai tujuan / target organisasi (Hendry, Bradley and Perkins,
1997).
Nah
tujuan dari performance management ini
•
Penghitungan gaji dan benefit untuk karyawan
•
Umpan balik dari atasan ke bawahan
• Recognition
terhadap
kinerja yang baik (tinggi)
•
Dokumentasi terhadap kinerja yang rendah
•
Tujuan jangka panjang perusahaan
Dalam dunia Industri
ada yang nama nya Performance apprasial (penilaian Kinerja) . Nah para reader
di sini ada yang udah tahu apa itu Performance apprasial itu? Bagi saya, hal
itu di lakukan untuk mengevaluasi dalam waktu tertentu agar di waktu berikutnya
terjadi performa kinerja yang lebih baik dan lebih produktif lagi.
Performance apprasial
dalam industri salah satunya dengan model 360 apprasial berikut gambar nya
Nah dari penilaian
kinerja juga ada kendala yang umum nya seri terjadi
a. Subjektivitas
b. Faktor
budaya
c. Skill
yang
dimiliki pemberi nilai
d. Kualitas
dari tool
Nah kalau unutk jenis-jeni kesalahannya yang umum
nya sering terjadi
• Leniency/Strictness Error
Nilai diberikan ekstrim tinggi atau ekstrim
rendah tanpa alasan yang jelas, baik
pada karyawan tertentu maupun semua karyawan.
• Central Tendency
Semua karyawan diberi nilai rata-rata,
tidak peduli hasil kerja masing-
masing.
• Recency Error
Nilai baik atau buruk diberikan hanya
karena suatu kinerja yang baru- baru
saja terjadi.
• Simillar-to-me Error
Nilai baik diberikan ketika ada
hal-hal personal yang sama-sama dimiliki
penilai dan karyawan.
Selanjut
nya dalam suatu perusahaan dalam melakukan penilaiyan kinerja ada 4 kali
penilaian kinerja akan tetapi tergantung perusahaan itu sendiri dan biasanya
kalau perusahaan di indonesia untuk yang negeri itu dia melakukan penilaian
kinerja selama 1 kali dan swasta dilakukan 2 kali pada umum nya kalau di lua
negeri sudah biasa penilaian kinerja sebanyak 4 kali.
Nah
selain penilaian kinerja juga ada teknik nya untuk menilai suatu pegawai tidak
langsung nilai si A jelek atau si B bagus, ada teknik nya juga untuk menilai
suatu karyawan
• Rating Scales
• Essay
• Management by Objectives
• Check Lists by Key Words
• Forced Choice Statements
• Ranking of Employees
Oke
sekian dulu artikel yang saya bahas tunggu artikel selanjutnya yang akan saya
bahas lagi CIAO~